Rabu, 31 Oktober 2012

Dunia Anak #Dimuat di Koran PR 28 Oktober 2012


Hikmah Pasta Gigi
Oleh: Nina Rahayu Nadea
                Selamat pagi sobat percil. Sudah pada gosok gigi belum? Coba lihat giginya jangan-jangan belum bersih. Ingat, gigi yang kotor akan menyebabkan kuman menempel, hingga gigi kalian cepat rusak. Beruntung sekali kalian tidak usah repot-repot menggosok gigi, karena wadah pasta gigi sekarang sudah sangat praktis berbentuk tube khusus. Tinggal dipencet, keluar deh pasta giginya.
Berbeda sekali dengan jaman dahulu, yang mana pada waktu itu menggosok gigi cukup repot juga. Karena harus menumbuk batu bata merah kemudian digosokan ke gigi. Atau bisa juga dengan menggunakan siwak.
Oh iya tahukah kalian tentang asal mula pasta gigi? Ayo, siapa yang tau?
                Pasta gigi sudah ditemukan sejak abad ke 9 ditemukan oleh perancang busana asal Persia, Ziryab. Cuma pada zaman itu kemasannya belum dibuat dalam tabung seperti sekarang ini. Barulah abad ke 18 pasta gigi dikemas seperti sekarang ini. Pasta gigi kemasan ini diperkenalkan pertama kali oleh Dr. Wahington Sheffeld asal Inggris. Ia membentuk kemasan tabung karena terinspirasi pada saat melakukan perjalanan ke Paris bersama anaknya. Saat itu ia melihat para pelukis  yang menggunakan cat kemasan tabung.
                Pasta gigi itu sendiri seringkali disebut odol. Itu berasal dari suatu merek ‘Odol’ yang terkenal pada jaman dahulu, termasuk di tanah air kita yang saat itu berada pada masa jajahan Belanda. Kata odol sengaja dilakukan masyarakat karena kesulitan menyebutkan tandpasta (tand = gigi). Meski pasta gigi odol sudah tidak ada lagi di negara kita sekarang ini, tapi setidaknya kita patut bersyukur karena warisan kata ‘odol’ hingga kini masih melekat. 
                Mau bilang pasta gigi? Atau mau menyebut odol? Yang pasti dua-duanya  akan menjaga gigi kalian bersih terhindar dari kuman. Ayo adik-adik yang manis kita rawat gigi kita sebaik mungkin dengan cara rajin menggosok gigi. Pagi, siang atau malam menjelang tidur.
                Eits, jangan lupa ayo rayakan bulan kesehatan gigi nasional. Yang biasanya diselenggarakan dari September- November. Ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional  yang jatuh pada tanggal 12 September. Periksa ke dokter gigi? Siapa takut.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar