Selasa, 16 Juni 2020

Komitmen MGG

Di Majalah Geliat Gemilang, Januari 2020



TBM/Komunitas
Komitmen Tim MGG  dalam Memajukan Literasi
Oleh: Nina Rahayu Nadea
IMG_0250

Di Geliat Gemilang
Di geliat gemilang tumbuh kuncup bermekaran
Di geliat gemilang tercurah karya yang nyata
Di geliat gemilang lahir karya membanggakan
Bukti pokja literasi dengan segala upaya
Daya cipta para guru, siswa serta masyarakat
Menyatu dalam wadah karya cipta nan cemerlang
Reff
Geliat gemilang
Majalah yang cerlang cemerlang
Geliat gemilang literasi berkembang
Wujudkan impian nyata
Lahirkan literasi handal

                Senin, 23 Desember 2019. Aula SMPN 43 membahana oleh suara merdu dari tim pengelola Majalah Geliat Gemilang (MGG).  Hem, ternyata selain mereka berkomitmen untuk mengembangkan literasi mereka juga piawai bernyanyi. Ini bukan sembarang lagu namun lagu yang sarat makna-sebagai bentuk penyemangat agar literasi terus berkembang dan mendarahdaging di tim MGG khususnya  umumnya bagi yang lain.
                Pertemuan di SMPN 43 Bandung jalan Kautamaan Istri No. 43 Balonggede Kec. Regol Bandung kali ini dalam rangka Rapat Evaluasi  2019 dan  Sosialisasi  Program Peningkatan Mutu Majalah Literasi Sekolah Geliat Gemilang Tahun 2020. Dihadiri oleh kurang lebih 30 peserta yang peduli terhadap kemajuan Majalah Geliat Gemilang.
                Hadir saat itu adalah Ketua Dewan Pengarah Majalah Geliat Gemilang Elia Suganda, Pemimpin Redaksi Majalah Geliat Gemilang Yulia Yulianti dan Redaktur Pelaksana Majalah Geliat Gemilang Yoyo Sunaryo.
Dalam kesempatan tersebut Elia berkenan memberikan sambutan. Elia mengatakan agar semua tim dapat meningkatan mutu pendidikan Kota Bandung, memajukan hasil karya kreatif anak bangsa. Salah satunya dengan cara  mengumpulkan naskah tidak hanya naskah dari para guru namun juga naskah dari peserta didik. Memotivasi peserta didik sehingga bibit-bibit peserta didik di Kota Bandung khususnya di bidang literasi dapat tergali.
“Harus ada itikad untuk menulis dan membaca yang merupakan suatu kebutuhan di lingkungan sekolah. Anak yang berbakat dalam menulis untuk terus dimotivasi agar terus menulis dan agar dilatih. Sertakan anak didik untuk mencari pengalaman bukan sebagai juara,” tandas Elia.
Elia juga mengatakan bahwa ke depannya MGG Siap untuk memfasilitasi bagi yang akan membuat buku.
Sementara itu  Pemimpin Redaksi  Yulia Yulianti memberi apresiai kepada  Kepala SDN 169 Pelita Yuyum Yulianti, karena selain berkiprah secara langsung untuk kemajuan MGG, Yuyum juga menciptakan banyak lagu-lagi. Di tangan Yuyum sendiri telah lahir banyak  lagu bertema literasi.
“Diharapkan semua pengurus untuk hapal lagu-lagu literasi karena selanjutnya akan ditidaklanjuti roadshow ke sekolah,” tutur Yulia.
Yulia juga mengatakan bahwa Majalah Geliat Gemilang  difokuskan untuk Kepala Sekolah,  guru, perpustakaan, kelas pokja baca sekolah, taman baca sekolah namun literasi sekolah masih kurang maksimal dilaksanakan. Terbukti dengan respon  masyarakat terhadap majalah masih kurang maksimal.
“Tahun 2020 adalah tahun buku, namun yang baru kelihatan serius dalam membuat buku adalah SMPN 36, SMPN 52 dan SMPN 53,” tegas Yulia.
                Berdasarkan rapat kerja ini mengahasilkan suatu kesepakatan terhadap mereka yang bertanggung jawab terhadap pembagian rubrik penulisan naskah MGG. Diantaranya sebagai berikut:
Kelompok A. Utama (Nina Rahayu Nadea, Riyantini, Eva Riyanti, Tuty Hernawaty). Kelompok B Liputan (Tanti Daryanti, Teti Kusumawati, Sri Suryanti, Ani Susana). Kelompok C Karya Utama (Wati Herawati, Nella S Wulan,  Windy). Kelompok D Resensi (Nia Kania Dewi, Susan Sandiasih, Sonya, Andriani Kansyah).  Kelompok E. Karyaku (Livia Sintiani, Dewi Triwiyati, Akbar). Kelompok F Serba Serbi (Teti Mardiana, Cucu Unisah, Dewi Oktoriana, Tia Mutiawati)
Yulia juga memaparkan beberapa kegiatan MGG di tahun 2020: cetak majalah tiap bulan, Rapat rutin bulanan, Gerai MGG, bimbingan dan pelatihan si geulis II, pelatihan menulis rubrik majalah, workshop editor bagi Tim MGG, roadshow majalah, penilaian sekolah literasi, Monev Literasi, pemanfaatan media online, Pameran Bandung Lautan Buku.
Kegiatan yang sampai saat ini dilakukan secara rutin oleh tim MGG terkait keberlangsungan majalah adalah: Minggu 1, pengumpulan naskah, penyebaran majalah, pemberian honorarium dan sertifikat. Minggu 2, Pengumpulan naskah, proses editing dan penyebaran majalah. Minggu 3, pengumpulan naskah dan  proses cetak. Minggu 4, Pengumpulan naskah,  penandatanganan sertifikat.
Acara ditutup oleh Redaktur Pelaksana Majalah Geliat Gemilang Yoyo Sunaryo. Dalam penutupannya Yoyo menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah hadir di kegiatan ini. Yoyo  memberi informasi terkait cara menerbitkan buku berISBN di Majalah Geliat Gemilang.
Untuk mendapatkan ISBN harus bersabar, karena untuk daftar ISBN online per harinya dibatasi s.d  500 judul buku  dari seluruh Indonesia. Informasi lanjutnya boleh Anda datang ke alamat redaksi Majalah Geliat Gemilang, Jl. Neptunus Timur III Blok K2 No. 62G Margahayu Raya Bandung. Atau  Anda tertarik berlangganan majalah ini? Sila isi form di http//gg.gg/Form-pemesanan-MajalahGeliat-Gemilang.***(Niradea-DisdikBandung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar